SISTEM DAN SISTEM INFORMASI
Selamat
datang kawan..
Saya disini
mau bahas kembali tentang sistem informasi. Alias mereview
Bisa kita
mulai sekarang ndak nih?? Bisa lah ya
Pada dasarnya, sistem dan sistem informasi ni berbeda.
Sistem adalah suatu organisasi yang didalamnya
terdapat komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama.
Informasi adalah kumpulan data yang telah diolah
menjadi sesuatu yang penting dan berguna bagi si penerima informasi.
Nah, sedangkan sistem informasi sendiri adalah suatu
organisasi yang didalamnya terdapat komponen-komponen yang saling bekerja sama
membangun suatu sistem untuk menghasilkan informasi dengan mengintegrasikan
data, memproses dan menyimpan data.
Komponen
sistem
Komponen-komponen
sistem pada dasarnya terdiri dari:
- Input : segala sesuatu yang
masuk ke dalam sistem, seperti data, energi, dan lain sebagainya.
- Proses : bagian yang melakukan
transformasi atau perubahan. Seperti creat, read, update, delete, dan lain
sebagainya.
- Output : hasil dari pemrosesan,
seperti informasi, produk, jasa, dan lain-lain.
Selain 3
komponen diatas, ada dua komponen lagi yang merupakan komponen tambahan, yakni
diantaranya :
- feedback : data tentang kinerja
(history) dari sebuah sistem.
- control : monitoring dan
evaluasi feedback.
Berikut
skema dari input, proses dan output :
Input -------> Proses -------> Output
-------> Penyimpanan data
Karakteristik
Sistem
Karakteristik
dari sistem, diantaranya berupa subsistem, boundary, dan interface.
- Subsistem merupakan sub-sub
atau bagian-bagian atau komponen-komponen dari sistem.
- Boundary merupakan sebuah
batasan yang memisahkan sistem dari lingkungan luarnya atau dengan
sistem-sistem lainnya. Contoh : ada dua tempat yang saling
bertetangga, masing-masing tempat mempunyai boundary/perbatasannya
sendiri-sendiri.
- Interface merupakan suatu
bentuk antarmuka yang digunakan untuk berkomunikasi antara pengguna (user)
dan sistem maupun subsistem dengan subsistem lainnya.
Berikut tadi
sedikit penjelasan mengenai sistem, sekarang kita akan lanjut membahas tentang
sistem informasinya.
Komponen Sistem Informasi
Komponen-komponen
sistem informasi terbagi menjadi 5 komponen, yaitu:
- Manusia : pihak yang
bertanggung jawab dalam operasi sistem itu sendiri. Contohnya progrmmer,
system analist, user, dan lain-lain.
- Hardware : perangkat keras
seperti komputer, harddisk, CPU, dan lainnya yang dibutuhkan untuk
mempermudah kerja.
- Software : sebuah perangkat
lunak yang didalamnya terdapat beberapa program dan lain-lain yang
dibutuhkan untuk membangun sistem tersebut.
- Data : bahan mentah
yang bersifat fakta. Data terdapat dimana-mana, bahkan disekeliling kita.
Data dapat diolah menggunakan database dengan bantuan program aplikasi.
Database adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam
komputer yang dapat diolah dan dimanipulasi menggunakan perangkat lunak
untuk menghasilkan informasi.
- Jaringan : suatu koneksi yang
dibutuhkan dalam sistem itu sendiri untuk saling bekerja sama.
Aktifitas Sistem Informasi
Sama seperti kita, sistem informasi juga mempunyai aktivitas. Dapat
dijelaskan sebagai berikut.
1. Input data
Input data maksudnya disini adalah memasukkan data atau lebih tepatnya
kegiatan memasukkan data. Data dari suatu kegiatan dikumpulkan dan disiapkan
untuk dimasukkan ke dalam sistem komputer.
2. Pemrosesan data
Aktivitas pemrosesn data untuk diubah menjadi informasi yang berguna bagi
si pemakai akhir. Aktivitas pengolahan datanya pun berbeda-beda sesuai
kebutuhan, seperti perbandingan, perhitungan, pemilihan, pengikhtisaran, dan
pengklasifikasian. Aktivitas ini berupa pengaturan, penganalisisan, dan
pemanipulasian data. Data yang telah disimpan dalam sistem informasi pun masih
harus dipelihara secara terus-menerus dengan perbaikan dan pembaharuan.
3. Output
Output ini berupa informasi dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan si
pemakai akhir. Bentuk informasi yang keluar dapat berupa pesan, laporan,
formulir, multimedia, dan lain sebagainya.
Kualitas
Informasi
Dan
informasipun punya kualitasnya tersendiri bro. Berikut ini kualitas informasi
yang dibagi menjadi 3 dimensi yaitu dimensi waktu, dimensi bentuk dan dimensi
isi.
Dimensi waktu (Time)
Dimensi ini
mempunya 4 kriteria sebagai berikut:
- Timeliness (ketepatan waktu) :
informasi harus tersedia ketika dibutuhkan.
- Currency (kekinian) : informasi
harus selalu baru ketika disediakan.
- Frequency (frekuensi) :
informasi harus tersedia sesering yang dibutuhkan.
- Time Period (periode waktu) :
informasi harus tersedia untuk periode waktu lampau, sekarang dan masa
depan.
Dimensi bentuk (Form)
Dimensi ini
mempunyai 5 kriteria sebagai berikut:
- Clarity (kejelasan) : informasi
harus tersedia dalam bentuk yang mudah dipahami.
- Detail (rincian) : informasi dapat
disediakan dalam bentuk rinci dan ringkasan.
- Order (urutan) : informasi
dapat disusun dalam urutan yang telah ditentukan.
- Presentation (presentasi) :
informasi dapat disajikan dalam bentuk narasi, numerik, grafik, atau
bentuk lainnya.
- Media : informasi dapat
disediakan dalam bentuk dokumen tercetak, tampilan video, atau media
lainnya.
Dimensi isi (Content)
Dimensi ini
mempunyai 6 kriteria sebagai berikut.
- Accuracy (ketepatan/keakuratan)
: informasi harus bebas dari kesalahan.
- Relevance (relevansi) :
informasi harus berhubungan dengan kebutuhan informasi dari penerima
tertentu untuk situasi tertentu.
- Completeness
(kelengkapan) : semua informasi yang dibutuhkan harus tersedia.
- Consciouseness (ringkas) :
informasi yang hanya dibutuhkan saja.
- Scope (cakupan) : informasi
dapat memiliki cakupan yang sempit dan luas, atau untuk fokus internal dan
eksternal.
- Performance
(penampilan/kinerja) : informasi dapat menunjukkan kinerja dengan mengukur
aktivitas yang diselesaikan, kemajuan yang dicapai, atau sumber daya yang
diakumulasi.
Sekedar info,
Ada sebuah sistem yang disebut dengan SDLC (Systems
Development Life Cycle) atau dapat diartikan sebagai siklus hidup pengembangan
sistem yang merupakan proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan
metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Sedangkan
untuk pengembangannya, dibutuhkan beberapa tahap diantaranya : rencana
(planning), desain(design), implementasi (implementation), uji coba (testing),
dan pengelolaan (maintenance).
SDLC dapat dikatakan sesuatu yang terus berputar
seperti dalam software.
Nah, ndak bisa banyak-banyak ya kawan. Cukup sampai
disini saja, soalnya otaknya dah mampet. Wkwkwk ^^
Kalau ada yang salah, mohon beri komentarnya ya.
Semoga bermanfaat..
Berikut beberapa sumber yang memberi saya keringanan
mencari informasi tentang SI ini:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar